PROGRAM STUDI
MAGISTER (S2) MANAJEMEN SUMBER DAYA PERAIRAN

Terakreditasi A | 257/SK/BAN-PT/Akred/M/III/2019

Ijin Penyelenggaraan: SK Dirjen Dikti No.231/DIKTI/Kep/1999 | Gelar lulusan: Magister Sains (M.Si) | Kesetaraan dalam KKNI (Equivalent Level to Indonesian National Qualification framework: Level 8).

DESKRIPSI

Visi Program Studi Magister Manajemen Sumber Daya Perairan adalah “Menjadi salah satu pusat unggulan pengembangan IPTEK pantai khususnya dalam bidang Manajemen Sumber Daya Pantai melalui profesionalisme pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi: pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat pada 2024. Program Studi Magister Manajemen Sumber Daya Perairan terbuka bagi Sarjana dari seluruh fakultas di lingkungan Ilmu – ilmu Perikanan dan Kelautan baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta.

DURASI PROGRAM

Untuk meraih gelar Magister Sains (M.Si) pada Program Studi Magister Manajemen Sumber Daya Perairan UNDIP, mahasiswa harus menyelesaikan 1 paket kurikulum minimal 40 SKS (Satuan Kredit Semester) yang dapat ditempuh dalam 4 semester. Selama mengikuti perkuliahan mahasiswa diwajibkan mengikuti seluruh kegiatan perkuliahan dengan toleransi ketidakhadiran 25% dari jumlah tatap muka atau 75% jumlah tatap muka harus dihadiri.

KESEMPATAN BERKARIR

Sebagai dosen atau pengajar, akademisi dan peneliti, konsultan, entrepreneur dan technopreneur.

DAFTAR MATA KULIAH

Program studi ini memiliki 4 konsentrasi bidang studi, yaitu:

  1. Ilmu Manajemen Sumber Daya Perairan, meliputi bidang: Eksploitasi Sumber Daya Pesisir dan Laut, Konservasi dan Rehabilitasi Wilayah Pesisir dan Laut, Water Polution, Perencanaan Tata Ruang Pantai.
  2. Ilmu Perikanan Tangkap, meliputi bidang: Sosial Ekonomi Budaya dan Kelembagaan Pengelolaan Sumber Daya Pantai, Perencanaan Industri Agribisnis Pesisir dan Laut.
  3. Ilmu Teknologi Hasil Perikanan, meliputi bidang: (1) Inovasi dan Teknologi, (2) Pengembangan Produk Perikanan, Manajemen Mutu dan Keamanan Pangan dan Teknologi Pengolahan lanjut
  4. Ilmu Budidaya, meliputi bidang: Pengembangan Akuakultur Payau, Pengembangan Nutrisi Pakan Ikan, Parasit dan Penyakit Ikan.

KONTAK

Ketua Program Studi: Dr. Aninditia Sabdaningsih, S.Si., M.Si
+6224 76404447 | aninditiasabdaningsih@live.undip.ac.id